Rabu, Januari 17News That Matters

Sepeda Bambu Produksi Bali

Sebuah perusahaan rintisan asal Bali, sekarang ini mengembangkan produksi sepeda berbahan dasar bambu. Walau berbahan dasar bambu, sepeda itu diklaim dapat bertahan dalam waktu lama.

“Sejak dilakukan masa uji coba empat tahun yang lalu, sampai kini sepeda tersebut masih mampu bertahan tanpa ada masalah yang cukup berarti,” kata I Putu Agus Swastika selaku marketing dan sekaligus co-founder Powerthrone dan Creativepreneur Circle Club C3, perusahaan pencipta sepeda bambu.

Putu Agus menjelaskan ada dua produk sepeda yang ditawarkan, yaitu sepeda listrik dan sepeda konvensional. Harga jual sepeda konvensional sebesar Rp 8 juta dan bisa dipesan hanya rangkanya saja seharga Rp 4,5 juta.

Agus menceritakan, ide awal produksi sepeda bambu berasal dari ketersediaan bambu yang melimpah di Bali. Di samping itu, bambu juga bisa merepresentasikan kampanye ramah lingkungan. Hampir 100 persen rangka sepeda menggunakan bahan bambu.

“Kita pakai bambu jenis Ampel karena ini yang paling pas dan cocok,” ujar Putu Agus.

Agus menambahkan, sepeda listrik buatannya mampu menempuh jarak hingga 250 kilometer. Pembelinya kebanyakan berasal dari negara Amerika.

“Tapi sebenarnya bukan itu yang menjadi harapan kami. Kami sebenarnya menginginkan masyarakat Indonesia juga bisa mencintai produksi lokal,” katanya.

Walau demikian, laki-laki yang juga berprofesi sebagai dosen tersebut yakin produknya bisa diterima di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *